Menu

Translate

Bee Pollen Serbuk Rahasia Dewa Yunani

--> Bee Pollen Serbuk Rahasia Dewa Yunani

Ukurannya hanya 50 mikron setara sebutir pasir kasar dipecah 40. Dari partikel halus itu muncul berjuta ragam tanaman yang menyelimuti bumi sejak jutaan tahun silam. Dia serbuk sari alias pejantan yang membuahi putik bunga betina. Nama populernya pollen, lalu menjadi bee pollen setelah diolah lebah. Ternyata riset mutakhir menyebut ‘sperma tanaman’ itu berkhasiat obat melebihi madu yang kita kenal.
Rahasia khasiat bee pollen terungkap ke segala penjuru dunia sejak Oktober 1976. Ketika itu Dr Gunther Vorwohl dari Jerman mempublikasikan naskah berjudul Pollen dan Madu pada pertemuan para pemelihara lebah dunia. Dalam naskah asli berbahasa Jerman itu Vorwohl menyebut masalah kelaparan dunia dapat diatasi dengan bee pollen. Itu karena kandungan gizi bee pollen sangat lengkap, terutama
protein alami dan semua asam amino yang dibutuhkan tubuh.
“Vorwohl dengan berani menyatakan protein alami bee pollen jauh lebih baik ketimbang telur, keju, dan kacang kedelai,” kata Bambang Soekartiko, ketua Asosiasi Perlebahan Indonesia di Jakarta. Sejak itu riset— yang sebetulnya sudah ada sejak 1950-an—di Eropa dan Rusia, tapi dicatat dalam bahasa setempat, mulai mendapat perhatian dari banyak dokter di segala penjuru dunia.
Publikasi riset yang mengejutkan datang 30 tahun kemudian di ajang The 8th International Conference on Apitherapy Health Care International Exposition Bee Products di Kunming, China. Li Haiyan, Sun Liping, Liu Shili dari Bee Institute of China Agriculture Academy of Science, Beijing melaporkan pada November 2006, bahwa daya antioksidan bee pollen lebih tinggi ketimbang propolis. Penelitian Sun Liping lainnya dengan tim berbeda bahkan menyebut bee pollen jauh lebih baik daripada Ginkgo biloba, daun bambu, lemon, dan jeruk.


Khasiat Bee Pollen Serbuk Rahasia Dewa Yunani

Menurut dr Hafuan Lutfie MBA, apiteraphist lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya, antioksidan yang tinggi pada bee pollen membuatnya banyak digunakan sebagai antiaging. “Fokus penggunaan berbeda, propolis sebagai antibakteri, antijamur, dan antiprotozoa, sedangkan bee pollen sebagai sumber gizi berkadar antioksidan tinggi,” kata Hafuan.
Pengalaman Hafuan bee pollen juga ampuh meredakan tiga kelompok utama gangguan. Yang pertama gangguan pencernaan seperti maag, sulit buang air besar, diare, dan gangguan lambung. Berikutnya gangguan alergi ringan: gatal, demam, dan flu. Yang terakhir ialah gangguan karena obesitas. Bee pollen memiliki serat tinggi dan mampu memperpanjang rasa kenyang dengan memberi sinyal ke pusat syaraf. “Bee pollen bagus untuk membantu diet menurunkan bobot badan,” tuturnya.
Khasiat itu bisa didongkrak dengan memadukan bee pollen plus madu, royal jelly, dan propolis (Lebih Ampuh Bila Berpadu, hal 114).  “Prinsipnya dengan bee pollen regenerasi sel menjadi optimal,” kata aktivis di Pusat Kajian Kedokteran dan Kesehatan Korp Alumni HMI (KAHMI) pusat itu. Khasiat bee pollen lain yang juga tercatat ialah meningkatkan stamina tubuh.

Dikumpulkan
Menurut Bambang selama ini ada anggapan khasiat bee pollen sama dengan pollen. Itu karena sebelumnya bee pollen dianggap terbawa oleh kaki lebah yang berbulu—tanpa proses tambahan—saat mengisap nektar bunga yang menjadi bahan baku madu. Padahal anggapan itu keliru. “Yang terjadi justru sebaliknya, pollen sengaja dikumpulkan sebagai bahan baku makanan lebah muda dan ratu. Nektar hanya sumber energi lebah untuk terbang dan makanan lebah pekerja,” kata Bambang.
Pollen yang tersangkut di kaki lebah lalu dikumpulkan mulut lebah yang mengeluarkan beragam enzim. Jutaan pollen lalu menjadi gumpalan yang lebih besar dan dikumpulkan di kantong pollen di kaki lebah. “Karena sudah diolah oleh enzim dari mulut lebah maka bee pollen berbeda dengan pollen,” kata Bambang. Enzim dari mulut lebah itulah yang belum bisa disintesis hingga saat ini. Pembuatan bee pollen dari pengumpulan serbuk sari oleh manusia pun tak bisa dibuat di laboratorium atau industri.
Karena beda itulah, maka kekhawatiran bee pollen dapat menyebabkan alergi belum terbukti. Pasalnya, di Eropa setiap musim semi dan panas di kala beragam tanaman berbunga, kerap terjadi wabah alergi pollen. Misalnya, demam, flu, dan batuk. Itu karena serbuk sari bunga banyak terbang oleh hembusan angin dan terhirup saat manusia bernapas. “Uniknya bee pollen malah membantu meredakan alergi, bahkan alergi karena pollen,” tutur Hafuan.
Menurut Dr Zen Djaja sebetulnya ada 2 jenis pollen atau serbuk sari: anemophile pollen dan entomophile pollen. Yang disebut pertama serbuk sari yang menyerbuki betina dengan bantuan angin. Ia dapat menimbulkan alergi bagi individu yang rentan, karena dianggap tubuh sebagai alergen alias zat asing. Gejala yang muncul demam, pilek, hingga mata bengkak. Sedangkan entomophile adalah pollen yang menyerbuki putik dengan bantuan lebah madu karena bobotnya lebih berat. Ia tak pernah bertebaran di udara bebas dan tak menimbulkan reaksi alergi

Semoga artikel tentang Bee Pollen Serbuk Rahasia Dewa Yunani membantu ya

 terimakasih telah berkunjung




Artikel-Artikel Pilihan:





Untuk memesan serta mengetahui harga dari Bee Pollen Raja Madu Madu Raja silahkan klik disini.
Untuk mendapatkan berbagai artikel menarik tentang perlebahan, silahkan download disini

Untuk pemesanan Bee Pollen, 

silakan kontak kami melalui 

Pin BB : 541E994C atau hubungi kami di 0857-2571-1096

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, Moderasi diaktifkan untuk menghindari spam, secepatnya pesan akan dibalas setelah terbaca. Terimakasih

© Raja Madu Madu Raja